top of page
  • Writer's pictureZeal Musik

Memilih Ruangan Untuk Rekaman Voice Over di Rumah

Updated: Dec 26, 2022

Merekam Voice over atau pengisi suara atau dubber membutuhkan penanganan khusus jika menyangkut kebutuhan lokasi atau ruangan. Ini guna menghindari kebocoran suara dari luar yang tidak kita hendaki seperti suara kegiatan dari meja makan atau cuci piring, mobil atau motor lewat, suara pesawat melintas hingga room tone atau reverb yang dihasilkan oleh setiap ruangan itu sendiri. Seperti kita sadari ini tidak kita temui saat kita merekam di Studio yang ruangannya memang di design mempunyai Acoustic Treatment yang bagus

Lalu bagaimana kita mengatasi tantangan tersebut saat merekam Voice over atau pengisi suara atau dubber di rumah? Ada beberapa cara untuk meminimalisir kemungkinan gangguan suara seperti yang disebut diatas. Mari kita bahas satu persatu dan cek peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk merekam suara di rumah.


Pertama adalah kita dapat menggunakan “vocal booth atau reflection filter” dan pop filter seperti :


 

Cara yang kedua adalah memanfaatkan ruangan dan barang yang ada di rumah kita, contoh: Merekam di Closet baju atau Lemari yang penuh dengan baju.

Dengan cara yang kedua kita bisa berkreasi dengan mencoba ruangan yang ada di rumah kita lalu merekam dan mendengarkan hasilnya. Kita bisa melihat perbedaannya sehingga kita akan mempunyai favorite spot dirumah yang kita anggap “acoustic treatment” baik.


Selamat berkarya!


Written by Indovoiceover Admin, November 8th, 2014







47 views

Recent Posts

See All
bottom of page